Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

2 Panduan Memilih Lokasi Apartemen yang Bagus

Ketika real estate sedang booming, pembeli akan mengincar semua jenis hunian yang tersedia. Namun, setelah booming berakhir, pemilik hunian yang memiliki tempat tinggal di lokasi terbaiklah yang akan menghadapi depresiasi harga lebih lambat. Inilah pentingnya memerhatikan lokasi apartemen yang akan dibeli.

“Lokasi, lokasi, lokasi” adalah slogan yang umum dikenal di industri real estate. Sayangnya, tak banyak orang yang memahami apa artinya.

“Lokasi yang bagus” bisa punya makna berbeda bagi setiap orang. Ada pula faktor-faktor subjektif yang menentukan nilai hunian. Anda mungkin tidak bisa membeli sebuah hunian yang memenuhi semua kriteria lokasi apartemen yang bagus, sehingga pilihan akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Ini wajar, karena apartemen punya makna lebih dari sekedar investasi. Namun, saat Anda akan membeli sebuah properti baru, ingatlah faktor-faktor berikut.

  • Lokasi Pusat Kota atau Daerah Pinggiran

Bagian kota mana yang Anda pilih sebagai tempat tinggal, pasti akan memengaruhi berapa banyak uang yang harus Anda bayarkan untuk membelinya. Tanah adalah komoditas yang terbatas. Karenanya, harga properti di perkotaan yang sudah sangat maju dan sulit berkembang lagi, seperti apartemen Surabaya Timur atau apartemen dekat ITS, cenderung lebih mahal daripada properti di kota-kota yang masih punya ruang pengembangan lebih luas. Namun, tak semua tempat dapat dikategorikan sebagai lokasi apartemen yang ‘bagus’.

Di Amerika Serikat, banyak komunitas pinggiran kota dijuluki media sebagai “slumburbs”, atau daerah pinggiran kumuh. Sebabnya karena banyak tempat tinggal di kawasan tersebut yang tak berpenghuni dan rusak tak terawat. Menurut data Biro Sensus AS tentang Wilayah Perkotaan, awalnya kebanyakan kawasan tempat tinggal meluas ke pinggiran wilayah perkotaan karena pesatnya pertumbuhan populasi. Namun, ketika orang-orang mulai meninggalkan kota-kota besar itu, maka wilayah pinggiran itulah yang cenderung mengalami penurunan nilai properti paling parah.

  • Ukuran Lebih Patut Dipertimbangkan Daripada Tampilan Bangunannya

Seandainya Anda telah menyaring semua pilihan hingga menyisakan dua apartemen yang berdiri berdampingan di lokasi strategis. Satu apartemen membutuhkan banyak perbaikan dan renovasi, tetapi ukurannya luas. Bangunan apartemen yang satunya lagi sangat bagus, tetapi ukurannya hanya setengah dari apartemen sebelumnya. Harga kedua apartemen setara. Mana yang akan Anda pilih?

Seringkali, apartemen yang berpenampilan lebih buruk justru merupakan investasi yang lebih baik. Ya, ini termasuk salah satu pengalaman dalam berburu properti yang bisa jadi mengejutkan bagi banyak orang.

Mengapa demikian? Apartemen termasuk jenis aset yang bisa terdepresiasi. Namun, ukuran luasnya akan punya nilai yang tetap (atau bahkan meningkat) dibandingkan dengan harga apartemen itu sendiri. Tampilan bangunan apartemen yang kurang menarik bisa direnovasi atau ditambah fasilitas baru, tetapi luasnya tidak dapat diubah.

Penilaian mengenai bagus atau tidaknya suatu lokasi tidak sepenuhnya bersifat subyektif. Pada prakteknya, lokasi apartemen yang bagus dinilai berdasarkan sejumlah kriteria yang cukup statis. Jadi, ketika Anda akan membeli apartemen baru, pastikan bahwa apartemen Anda bukan hanya menarik bagi Anda saja.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by