Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

3 Ciri-ciri Lokasi Apartemen yang Strategis

Lingkungan apartemen seperti apa yang menarik bagi Anda akan ditentukan oleh pilihan pribadi Anda. Penampilan lingkungan itu penting. Apartemen dengan pepohonan besar, lansekap dan ruang komunitas atau ruang hijau di sekitarnya, akan lebih disukai. Meski demikian, pemilihan lokasi apartemen yang strategis akan melibatkan pula beberapa faktor penting seperti aksesibilitas dan fasilitas publik, pengembangan kawasan, serta trafik sekitar lokasi.

  • Aksesibilitas dan Fasilitas Publik

Dalam hal aksesibilitas, Anda harus mencari lingkungan apartemen yang berada dekat rute jalan utama di kota Anda dan memiliki lebih dari satu jalur keluar-masuk. Banyak orang perlu bepergian dari dan ke kantor setiap hari, sehingga hunian yang bisa diakses dari banyak jalur akan lebih baik daripada hunian terpencil yang hanya bisa diakses dari satu rute saja.

Anda juga dapat menilai popularitas lingkungan berdasarkan berapa lama hunian di kawasan itu terjual. Jika hunian di kawasan itu cepat terjual, maka Anda bukanlah satu-satunya orang yang ingin tinggal di sana.

Lingkungan yang bagus juga harus mencakup fasilitas-fasilitas penting seperti supermarket, pertokoan, dan restoran. Banyak orang lebih suka mengunjungi tempat-tempat yang lebih mudah diakses. Artinya, jika Anda harus berkendara jauh untuk mengakses fasilitas-fasilitas tadi, maka hal itu akan membuat lokasi apartemen Anda menjadi kurang menarik. Sekolah juga termasuk fasilitas penting. Walaupun Anda mungkin tak berencana untuk berkeluarga, tetapi banyak calon pembeli yang akan menginginkannya saat Anda menjual apartemen Anda.

  • Pengembangan Kawasan Sekitar

Dalam memilih lokasi apartemen yang bagus, Anda tak hanya perlu memerhatikan fasilitas yang sudah ada saja, melainkan juga fasilitas yang akan dibangun di masa depan. Rencana pembangunan sekolah, rumah sakit, transportasi umum atau infrastruktur publik lain bisa meningkatkan nilai properti di kawasan sekitarnya secara drastis. Pengembangan komersial seperti mal dan pusat perbelanjaan juga dapat menaikkan nilai properti.

Saat Anda mencari hunian, cobalah selidiki apakah ada rencana pembangunan fasilitas publik, komersial, atau kompleks hunian baru di kota Anda. Pertimbangkan bagaimana rencana pengembangan kawasan tersebut akan memengaruhi minat masyarakat kepada properti di daerah sekitarnya.

Sebagai contoh, proyek pembangunan Middle East Ring Road (MERR) yang direncanakan membuka jalan bagi masyarakat untuk melintasi jalur timur Surabaya langsung ke Sidoarjo. Proyek berskala sebesar itu tentu akan meningkatkan nilai apartemen Surabaya Timur, apalagi apartemen dekat ITS yang notabene termasuk salah satu perguruan tinggi terbaik.

  • Trafik Sekitar Lokasi Hunian

Jika hunian Anda berada di tepi jalan yang ramai, Anda mungkin akan bisa membelinya dengan harga lebih murah, meski kelak akan lebih sulit untuk menjualnya kembali. Hal yang sama berlaku juga untuk rumah-rumah yang berada dekat properti komersial seperti supermarket atau SPBU, atau rumah di jalanan yang mendapatkan arus parkir tinggi seperti dekat gereja dan gedung pertemuan. Inilah sebabnya mengapa banyak hunian seperti itu yang disewakan.

Dengan kata lain, ada keunggulan dan kekurangan pada setiap lokasi hunian yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan Anda. Sekalipun hunian dekat fasilitas publik dan properti komersial seperti itu sulit dijual kembali, tetapi cukup potensial untuk disewakan karena ramainya trafik sekitar. Hal ini dapat Anda pergunakan sebagai bahan pertimbangan saat akan beli atau jual apartemen Surabaya Timur, apartemen dekat ITS, atau daerah lain yang termasuk lokasi premium.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by