Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

4 Cara Mendapatkan Keuntungan Investasi Apartemen

Umumnya, orang hanya mengenal satu cara saja untuk mendapatkan keuntungan dari satu atau beberapa apartemen yang telah dimiliki. Beli apartemen, tunggu beberapa waktu, lalu jual lagi dengan harga lebih tinggi. Memang, itu adalah teknik yang paling populer. Namun, sebenarnya ada empat cara memperkaya pundi-pundi dari keuntungan investasi apartemen, bukan hanya satu.

1. Apresiasi Harga Apartemen

Ketika lingkungan sekitar lokasi apartemen semakin sibuk karena dibangunnya pusat perbelanjaan baru, atau lahan di perkotaan kian langka, maka harga apartemen akan meningkat. Kedengarannya sederhana dan bebas risiko.

Faktanya, untuk mendapatkan keuntungan investasi apartemen dari kenaikan harga ini tidaklah mudah. Risikonya bahkan lebih besar dibandingkan cara kedua yang akan kita bahas nanti. Mengapa? Karena Anda harus memastikan bahwa apartemen bertempat di lokasi strategis, berkualitas premium, dan diminati orang. Apabila apartemen ternyata tak disukai atau pasar jual beli properti sedang lesu, maka Anda akan kesulitan melepasnya kembali. Tak jarang ada pula yang terpaksa jual rugi.

2. Pendapatan Sewa Apartemen

Pendapatan sewa masa kini tak hanya bisa diperoleh dari rumah kos-kosan atau ruko. Banyak gedung apartemen sudah dilengkapi dengan kapabilitas untuk disewakan kembali atau bahkan difungsikan mirip hotel.

Cara ini memungkinkan arus pendapatan tetap tanpa mengurangi nilai aset, sehingga menjadi strategi baru untuk investasi apartemen di Surabaya dan kota besar lain. Selain dengan memasukkannya ke Airbnb atau platform serupa, ada pula pengelola gedung apartemen yang bersedia mengurusnya untuk Anda dengan komisi tertentu.

3. Komisi Broker

Spesialis jual beli properti seperti broker akan mendapatkan komisi tanpa harus membeli apartemen sama sekali. Komisi biasanya berupa persentase dari harga penjualan dan dapat pula disertai bonus jika memenuhi target tertentu. Tentu saja ini tidak mudah.

Kunci suksesnya adalah pemahaman mengenai lokasi apartemen strategis, pengembangan networking, dan keahlian bernegosiasi. Pemahaman mengenai target market juga sangat penting, karena minat dan kebutuhan apartemen bagi setiap generasi tentu berbeda-beda. Keberadaan mentor atau pembimbing akan sangat mendukung kelancaran awal.

4. Bisnis di Lingkungan Apartemen

Di kota metropolitan seperti Jakarta atau Surabaya, dimana ada hunian maka di situ ada peluang usaha. Tak terkecuali di lingkungan apartemen. Bisnis seperti katering atau printing dengan layanan delivery bisa dibuat sebagai bisnis mini di dalam gedung, apabila pengelola memperbolehkan.

Semua tetangga Anda merupakan calon konsumen potensial, sehingga skema bisnis dapat disesuaikan dengan dengan demografi dan kebutuhan penghuni apartemen. Jangan lupa melakukan riset sebelum meluncurkan bisnis dan memastikan kualitas produk dapat bersaing di pasaran.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by