Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Apa yang Membedakan Hunian Biasa dan Apartemen Bernilai Investasi

Ada dua orang sama-sama membeli apartemen di Surabaya. Salah satu diantaranya tak bisa mengembangkannya lagi dan hanya memiliki satu apartemen itu saja selama bertahun-tahun kemudian. Satu orang lagi mampu melipatgandakan hasilnya hingga menjadi pendapatan tersendiri. Perbedaannya terletak pada apartemen mana yang mereka beli, apakah apartemen itu hanya berfungsi sebagai hunian? ataukah berperan ganda sebagai apartemen bernilai investasi juga?

Sebuah analisis oleh BIS Oxford Economics di pasar properti Australia menunjukkan bahwa dua pertiga apartemen pre-launching di Melbourne berakhir tanpa pertambahan nilai apapun atau bahkan mengalami penurunan nilai. Di Brisbane, sekitar setengah dari pembeli apartemen pre-launching menderita kerugian. Sedangkan di Sydney, sekitar 1 dari 4 apartemen pre-launching yang dibeli sejak tahun 2015 terpaksa dijual dalam kondisi merugi. Situasi ini menggambarkan betapa sulitnya menemukan apartemen bernilai investasi, bahkan di kota-kota metropolitan.

Sebagai panduan untuk membedakan antara hunian biasa dan apartemen bernilai investasi, ada beberapa aspek yang dapat digali sebelum membeli. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Apakah apartemen di kawasan itu akan menarik bagi calon pembeli? Pertimbangan mengenai bagus atau tidaknya suatu apartemen cenderung bersifat subjektif. Jadi, dalam hal ini Anda perlu menyisihkan perasaan dan selera pribadi. Pertimbangkan secara objektif, apakah banyak orang akan berminat terhadap apartemen itu atau tidak.
  2. Apakah harganya berada di bawah nilai intrinsiknya atau masih berharga premium? Apartemen pre-launching bisa dijual di bawah harga premium, atau justru lebih mahal karena program promosi besar-besaran bertujuan memancing euforia calon pembeli. Karenanya, perlu melakukan perhitungan matang mengenai nilai apartemen yang sesungguhnya.
  3. Apakah apartemen berada di lokasi yang tepat? Posisi boleh jadi dalam satu kota, misalnya sama-sama apartemen di Surabaya. Namun, apartemen bernilai investasi akan terletak dekat dengan pusat perbelanjaan dan sekolah, bukan jauh dari fasilitas publik.
  4. Apakah apartemen berlokasi dekat jalur transportasi dan memiliki akses transportasi publik? Posisi dekat jalur transportasi vital akan kian meningkatkan nilainya seiring dengan makin padatnya jalan-jalan di perkotaan.
  5. Apakah apartemen memiliki pemandangan yang bagus?
  6. Apakah apartemen dilengkapi dengan fasilitas security yang bagus? Security ini bukan hanya satpam, melainkan juga CCTV, alarm, detektor dan pemadam kebakaran, tangga darurat, dan lain sebagainya.
  7. Apakah apartemen menyediakan parkir mobil yang aman di dalam gedung?
  8. Apakah apartemen memiliki rasio nilai tanah banding aset yang tinggi? Ukurannya tidak harus luas, tetapi nilai tanahnya harus menjadi bagian signifikan dari nilai apartemen itu sendiri.
  9. Apakah apartemen memiliki prospek perkembangan yang pesat dan lebih dari rata-rata karena lokasinya strategis?
  10. Adakah sesuatu yang unik atau khas mengenai apartemen tersebut? Misalnya apartemen memiliki fasilitas WiFi, ramah hewan peliharaan, atau menyediakan co-working space dan ruang publik terbuka yang nyaman.

Kesepuluh pertanyaan ini bisa menentukan apakah sebuah apartemen hanya layak dibeli sebagai hunian saja, ataukah dapat dijadikan sebagai wahana investasi. Apakah apartemen Anda bernilai investasi? Jika ya, selamat! Semoga kelak Anda sukses mengembangkannya menjadi lebih banyak lagi.

Jika belum, mengapa tidak mempertimbangkan Kertajaya Point. Kertajaya Point sudah memenuhi segala kriteria diatas, lokasi strategis dekat ITS dan Galaxy Mall, East Coast, pengembang terpercaya dari Adhi Persada, Bangunan baru masih dalam proses pembangunan, harga masih sangat terjangkau. Tentunya nilai investasi apartemen di surabaya timur ini sangat tinggi. Segera booking unit apartment sekarang!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by