Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Apartemen 1 BR dan Studio, Mana yang Lebih Baik?


Kertajaya Point Webmaster - December 3, 2019 - 0 comments

 

Apabila Anda mencari apartemen berlokasi strategis di kota besar, maka Anda kemungkinan akan dihadapkan pada beberapa pilihan tipe ruangan. Contohnya jika menilik listing jual apartemen Surabaya Timur, ada dua tipe apartemen yang paling banyak tersedia, yaitu Studio dan 1 BR. Keduanya sama-sama cocok untuk mahasiswa ataupun karyawan muda, tetapi dibanderol dengan harga berbeda. Bagaimana memilih mana yang lebih baik antara apartemen 1 BR dan Studio?

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada satu hal yang perlu dipahami. Kedua tipe apartemen memiliki spesifikasi ruangan berbeda yang boleh jadi cocok untuk orang yang berbeda pula. Anda perlu memahami seluk-beluk setiap tipe ruangan untuk menentukan sendiri mana yang lebih baik untuk Anda.

Karakteristik Apartemen Studio

Apartemen Studio (tanpa balkon) terdiri dari satu ruangan berukuran sekitar 20-30 meter persegi dengan model open floor tanpa batasan dinding antar bagian ruangan, kecuali untuk kamar mandi. Model ruangan seperti ini sangat mudah dirawat dan ditata. Harga beli atau sewa apartemen Studio juga lebih terjangkau. Akan tetapi, studio menyediakan sedikit ruang gerak dan privasi untuk penghuni.

Tamu bisa langsung melihat tempat tidur Anda. Bau masakan di dapur bisa membekas hingga lama. Meskipun Anda bisa menciptakan pembatas ruangan dengan meletakkan perabot tinggi seperti lemari atau rak, bau-bauan tidak sedap tetap akan melekat. Jelas sekali, apartemen Studio kurang cocok untuk orang yang suka mengundang kawan ke rumah atau hobi memasak, tetapi cocok untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Karakteristik Apartemen 1 BR

Apartemen 1 BR (tanpa balkon) berukuran sekitar 25 meter persegi serta memiliki satu ruang tidur dan kamar mandi yang terpisah dari ruang tamu/dapur. Dengan kata lain, ada pembatasan ruang tinggal bagi penghuni apartemen. Tipe apartemen ini ideal untuk orang yang suka bersosialisasi di rumah atau hobi memasak, tetapi perawatannya lebih ribet.

Harga beli atau tarif sewa apartemen 1 BR umumnya lebih tinggi dibandingkan Studio. Akan tetapi, selisih harga seringkali hanya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga 1 jutaan per bulan. Selama ruang gerak dan privasi merupakan hal penting bagi Anda, maka selisih tersebut bukanlah biaya besar. Apalagi jika Anda berencana untuk menghuni apartemen bersama seorang roommate, maka apartemen 1 BR jelas lebih baik.

Apabila Anda menemukan lingkungan gedung apartemen yang menyediakan kedua tipe apartemen ini di satu kisaran lokasi yang sama, seperti Apartemen Puncak Kertajaya, Apartemen Kertajaya Point dan apartemen dekat ITS lainnya, maka pilihan harga akan semakin beragam. Tak jarang, Studio berukuran super luas dilabeli harga dalam kisaran sama dengan 1 BR. Pada akhirnya, pertimbangan untuk memilih apartemen mana akan tergantung pada mana yang lebih cocok dengan gaya hidup Anda.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by