Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Kiat Dekorasi Apartemen Studio dengan Anggaran Mahasiswa


Kertajaya Point Webmaster - January 24, 2020 - 0 comments

 

Menata dekorasi sebuah apartemen bukanlah urusan mudah. Apalagi jika Anda masih berstatus mahasiswa tanpa sumber pendapatan sendiri, menghuni apartemen bertipe studio kosongan yang berukuran sekitar 20-30 meter persegi tanpa batas dinding antar bagian ruangan.

Unit studio kosongan seperti ini banyak sekali tersedia di kawasan apartemen Surabaya Timur, khususnya apartemen-apartemen dekat ITS. Biaya sewa atau harga jual apartemen bertipe studio tanpa perabot (unfurnished atau semi-furnished) jauh lebih murah ketimbang apartemen yang sudah siap huni. Selisihnya bahkan bisa mencapai satu juta rupiah atau lebih per bulan dibandingkan unit full-furnished, sehingga apartemen studio kosongan menjadi salah satu pilihan favorit mahasiswa.

Pertimbangkan harga sewa unit studio tanpa perabot sekitar Rp2.000.000 per bulan di apartemen Puncak Kertajaya. Apabila dibagi bersama seorang roommate, maka biaya sewa apartemen per bulan akan setara dengan biaya kos biasa yang tidak dilengkapi dengan fasilitas gedung apartemen seperti gym, kolam renang, dan penjaga keamanan 24 jam.

Masalahnya, apartemen tipe studio tanpa perabot tentu tidak bisa langsung dihuni begitu saja. Anda boleh jadi berpendapat apartemen bisa dihuni langsung asalkan sudah ada bed, meja, dan kursi. Namun, bagaimana citra Anda di mata teman yang datang untuk bertamu atau belajar bersama kelak? Bagaimana pula jika Anda mendadak ingin membagikan foto OOTD (Outfit of the Day) di jejaring sosial? Apakah Anda puas setiap hari menyaksikan dinding yang datar-datar saja?

Dekorasi apartemen bukan hanya menciptakan kenyamanan bagi diri sendiri, melainkan juga memberikan citra lebih baik di mata orang lain. Untuk itu, cobalah beberapa tips mudah untuk menciptakan dekorasi apartemen yang rapi dan instagrammable berikut ini:

  1. Cari Furniture dengan Ruang Penyimpanan Tambahan

Sebuah apartemen bertipe studio akan nampak makin sempit apabila barang-barang Anda diletakkan di ruang terbuka. Agar lebih rapi, sebaiknya carilah furniture yang memiliki “ruang penyimpanan rahasia”. Misalnya kursi ottoman berongga untuk ruang tamu, atau nakas berlaci sebagai pengganti meja samping tempat tidur biasa. Harganya sedikit lebih mahal, antara Rp100.000,- hingga Rp500.000,-. Akan tetapi, furniture seperti ini memberikan fungsi dan manfaat lebih banyak.

  1. Pasang Cermin Panjang di Sudut Ruangan

Cermin panjang dibanderol harga dalam kisaran yang sama dengan nakas. Bedanya, cermin panjang bisa menciptakan kesan chic dan berseni secara instan, meski apartemen tak dihiasi dekorasi interior yang mahal. Cermin panjang dan besar juga akan membuat kesan ruangan lebih luas dibanding ukuran sesungguhnya.

  1. Hias Dinding dengan Stiker Siap Tempel

Anda tak membutuhkan lukisan ataupun wall art berbingkai mahal untuk mempercantik apartemen. Stiker dinding mural yang berkesan “nyeni” sudah banyak tersedia. Ada yang menggambarkan hutan dan bebungaan, kupu-kupu dan pemandangan malam, bahkan siluet menara Eiffel dan patung Liberty.

Stiker dinding bersifat tahan lama, mudah dirawat, dan bisa diganti kapan saja dengan mudah. Apabila sedang baper atau merasa tidak mood, Anda bisa menggantinya dengan stiker bergambar lain yang lebih atraktif. Harga stiker dinding dengan bahan PVC berkisar antara belasan hingga puluhan ribu saja, sangat cocok dengan anggaran mahasiswa.

  1. Pilih Rak Dinding Minimalis daripada Rak Besar

Rak dinding minimalis dapat dipasang langsung ke dinding, sehingga Anda tak perlu repot memindahkan furniture berat sendirian. Fungsi penyimpanan dan dekoratif-nya sama, tetapi harga jauh lebih murah. Anda bahkan bisa membuat rak dinding minimalis sendiri dari kayu sisa atau furniture lawas. Rak dinding juga dapat dibongkar-pasang sewaktu-waktu dengan cepat.

  1. Buat DIY Lampu Mini Warna-Warni

Lampu tidur itu sudah kuno. Daripada lampu tidur biasa, deretan lampu hias mini warna-warni akan nampak lebih cantik pada malam hari. Biaya pembuatannya hanya berkisar antara beberapa puluh ribu saja. Atau jika Anda enggan repot-repot merangkai lampu hias sendiri, ada opsi lain dengan menggunakan lilin mini LED yang tak kalah cantik.

Nah, diantara kelima tips dekorasi dengan anggaran mahasiswa ini, manakah yang Anda suka? Salah satu maupun semuanya dapat dipasang dan diletakkan untuk dekorasi apartemen Anda. Yang perlu diingat, berhati-hatilah jangan sampai dekorasi mengakibatkan ruang apartemen studio nampak sesak atau bahkan kumuh. Tata dekorasi apartemen secara bertahap saja, mulai dari bagian yang menurut Anda paling penting.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Kami akan segera menyapa Anda. Silakan Perkenalkan diri Anda (Nama dan Email)