Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Strategi Mendapatkan Properti Pertama Untuk Generasi Millenial

Sebuah laporan baru menyatakan bahwa “hampir 40 persen generasi Millenial telah menghabiskan uang yang bukan milik mereka dan menanggung hutang demi agar tak ketinggalan dari rekan-rekan mereka”. Mereka kemungkinan besar mengeluarkan uang terlalu banyak untuk mendapatkan pengalaman, seperti berjalan-jalan dengan teman atau berlibur.

Pengeluaran yang dilandasi oleh FOMO (Fear of Missing Out) merupakan godaan yang sulit dielakkan bagi generasi Millenial. Padahal, kebiasaan belanja untuk kepentingan jangka pendek seperti itu bisa menggagalkan rencana jangka panjang. Untuk mempertahankan stabilitas kondisi keuangan bulanan saja sulit, apalagi merealisasikan rencana yang akan membutuhkan anggaran besar, seperti membeli properti.

Tak ada salahnya membelanjakan uang demi gaya hidup, tetapi Anda juga perlu memikirkan masa depan dengan mengalokasikan pendapatan Anda ke beberapa “keranjang” berbeda. Anda dapat menyisihkan pendapatan Anda ke dalam beberapa hal berikut ini:

  • Sebanyak 10% untuk Kebaikan

Berbagi merupakan simbol kepedulian. Menyumbangkan uang adalah cara termudah untuk berbagi, tetapi berdampak besar bagi orang lain.

  • Sebanyak 40% untuk Pengeluaran Bulanan

Semua kebutuhan pokok Anda akan masuk dalam cakupan 40% ini. Makanan, minuman, perawatan kecantikan, dan pakaian. Termasuk juga biaya hiburan bulanan Anda untuk menonton film di bioskop atau hangout di akhir pekan.

  • Sebanyak 30% untuk Beragam Cicilan Konsumtif

Alokasi 30% ini ditujukan untuk membayar semua tagihan dan cicilan kredit konsumtif. Ketika Anda membeli barang seperti iPhone XS atau mobil baru, batasi akumulasi cicilan hingga 30% dari pendapatan Anda. Jadi, berhati-hatilah saat Anda membeli barang secara kredit.

  • Sebanyak 20% untuk Masa Depan

Terakhir, sisihkan sebanyak 20% dari pendapatan Anda untuk menabung demi kebutuhan masa depan. Dana ini ditujukan untuk memenuhi pengeluaran tak terduga untuk rumah sakit atau keluarga yang bersifat mendadak. Ini juga mencakup tabungan Anda, dan bisa juga anggaran untuk kepemilikan properti pertama Anda.

Saat ini, semakin mudah untuk memiliki properti pertama Anda, khususnya karena banyaknya informasi yang tersedia. Daripada Anda menghabiskan uang demi gaya hidup, lebih bijak untuk berinvestasi dalam jumlah yang sama besarnya ke properti.

Salah satu properti terbaik adalah apartemen. Mengapa? Karena harga apartemen lebih terjangkau bagi generasi Millenial yang baru terjun ke dunia kerja. Seiring dengan berkurangnya ketersediaan lahan perkotaan, biaya untuk membeli rumah menjadi semakin mahal dan tak terjangkau oleh generasi muda. Dalam situasi ini, apartemen menjadi alternatif terbaik. Apalagi, apartemen di lokasi-lokasi strategi seperti apartemen dekat ITS dan apartemen Surabaya Timur saat ini dapat diperoleh dengan angsuran ringan.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by