Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Teknologi Smart Home Meningkatkan Nilai Jual Apartemen Masa Kini

Ada banyak aspek yang dapat meningkatkan nilai jual apartemen. Misalnya menambahkan furnitur atau mengundang perancang interior ternama untuk menatanya sesuai dengan keinginan calon penghuni. Keberadaan fasilitas dengan teknologi smart home juga berpengaruh positif terhadap nilai jual apartemen, di samping memberikan beragam keunggulan lain.

Bagi generasi Millenial, teknologi smart home menyediakan kesan “wow” yang bersifat instan. Teknologi smart home dapat membuat teman-teman dan keluarga kagum saat mereka berkunjung. Demikian pula calon pembeli apartemen. Bayangkan betapa terkesimanya orang-orang saat menyaksikan suatu teknologi sederhana seperti sistem pencahayaan pintar. Pada dasarnya, smart home saat ini dianggap keren.

Tergantung dimana lokasi apartemen berada, calon pembeli boleh jadi malah memiliki ekspektasi kalau apartemen semestinya sudah memuat teknologi smart home. Umpamanya saat akan beli apartemen di Surabaya atau Jakarta, maka aspek ini kemungkinan termasuk salah satu pertanyaan yang akan dilontarkan calon pembeli dari segmen Millenial pada pertemuan pertama.

Sebagaimana calon pembeli tidak akan tertarik pada apartemen tanpa air maupun listrik, mereka akan merasakan hal yang sama terhadap sistem keamanan pintar atau koneksi internet di seluruh gedung. Bukan hanya teknologi smart home dapat meningkatkan nilai jual apartemen, melainkan nilai apartemen justru bisa menurun jika tak memilikinya.

Biaya dan energi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah smart home tidaklah sedikit. Meskipun banyak orang tertarik pada teknologinya, tetapi mereka belum tentu mampu membeli dan memasang beragam perangkat smart home sendiri. Sebuah apartemen yang sudah dilengkapi teknologi smart home akan disukai oleh calon pembeli seperti ini.

Terlepas dari beberapa faktor di atas, teknologi smart home bisa jadi tak menarik bagi sejumlah kalangan. Umpamanya, bagaimana jika calon pembeli tidak tanggap teknologi? Atau sebaliknya, mereka terbiasa menggunakan teknologi smart home yang berkualitas lebih tinggi dibandingkan gadget “murahan” yang terpasang di apartemen tersebut. Atau bagaimana jika teknologi itu hanya bisa diakses menggunakan iOS, padahal calon pembeli menggunakan Android? Pemasangan teknologi smart home sebaiknya disesuaikan dengan demografi pengguna apartemen.

Banyak faktor perlu dipertimbangkan saat memilih perangkat smart home yang akan dipasang di apartemen. Apalagi, tak semua fasilitas apartemen high-tech akan meningkatkan nilai jualnya. Panel surya ramah lingkungan bisa jadi merupakan nilai tambah menarik dan bisa dipasang dengan biaya rendah, demikian pula sejumlah perangkat smart home lain yang sudah nyaris mainstream. Namun, penambahan kamera keamanan pintar di setiap ruangan kemungkinan akan mengakibatkan kenaikan biaya dalam jumlah lebih besar daripada kenaikan nilai jualnya. Ingat, tak semua orang menyukai teknologi yang bersifat intrusif dan malah rentan peretasan.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by