Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Tips Memilih Apartemen Mahasiswa yang Ideal

Saat bersiap-siap menghadapi kehidupan perguruan tinggi, mahasiswa baru dihadapkan pada beragam pilihan yang harus diambil dalam waktu singkat. Salah satu pertanyaan yang muncul setelah diterima di universitas favorit adalah: dimana akan tinggal selama kuliah? Jika lokasi universitas dekat rumah orang tua, tentu ini tidak akan menjadi masalah. Berbeda halnya jika lokasi berbeda kota, atau bahkan lintas pulau.

Apartemen mahasiswa merupakan salah satu opsi tempat tinggal yang semakin naik daun belakangan ini. Akan tetapi, ada banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan agar bisa memperoleh apartemen mahasiswa yang ideal. Mahasiswa baru acap pusing memikirkan hal remeh seperti dekorasi ruangan, tetapi malah luput memperhitungkan hal-hal yang benar-benar penting seperti lima aspek berikut:

1. Koneksi Internet

Mahasiswa sering dikejar kewajiban untuk menyerahkan tugas atau presentasi. Begadang mencari bahan secara online dan mengerjakan makalah di tempat tinggal masing-masing merupakan aktivitas yang pasti akan “dinikmati”. Oleh karena itu, salah satu fasilitas yang wajib dan mutlak dibutuhkan oleh mahasiswa masa kini adalah koneksi internet yang handal selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Apartemen mahasiswa dekat ITS atau perguruan tinggi manapun harus menyediakan fitur ini.

2. Kemudahan Akses Ke Berbagai Lokasi

Bagi siapa saja, lokasi tempat tinggal amat penting. Secara khusus, mahasisa perlu mempertimbangkan apakah bisa menjangkau banyak lokasi hanya dengan berjalan kaki? Apakah dekat dengan fasilitas perguruan tinggi dan pusat perbelanjaan? Walaupun properti yang berlokasi dekat perguruan tinggi dan pusat perbelanjaan seringkali dilabeli harga lebih mahal, tetapi pada akhirnya bisa lebih ekonomis jika memperhitungkan biaya transportasi dan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan.

3. Keamanan Lingkungan

Di tengah euforia kebahagiaan karena diterima di universitas favorit, mahasiswa dan keluarganya sering lupa mempertimbangkan faktor keamanan. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka akan mulai menyadari bahwa keamanan hunian itu sangat penting. Saat itulah mereka akan mulai memikirkan bagaimana sistem keamanan hunian dan apakah ada staf sekuriti yang selalu siaga di lokasi.

4. Keramahan Tetangga

Keramahan staf pengurus dan orang-orang lain yang menghuni gedung yang sama merupakan faktor keempat yang patut diperhitungkan saat memilih apartemen mahasiswa. Mengapa demikian? Karena mereka akan menentukan apakah hunian nyaman dan bebas keributan. Sebuah apartemen dengan fasilitas top dan dekorasi mewah tidak akan menjadi tempat yang enak dihuni jika tetangga nyinyir dan suka ikut campur.

5. Ruang Komunal

Keberadaan fasilitas komunal seperti ruang terbuka, lounge, dan pusat kebugaran bisa jadi alternatif bersosialisasi dan menemukan teman-teman baru. Hal ini penting bagi mahasiswa yang berada pada usia tepat untuk membangun reputasi dan memperluas jaringan. Tak kalah pentingnya pula, ruang komunal harus terawat dan atraktif.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by