Scroll to top
©2019 Kertajaya Point - Life. Work. Socialize.
Share

Trik Merancang Ruang Terbuka Untuk Santai Di Apartemen Millenial

Merancang ruang terbuka untuk santai tak semudah menghancurkan dinding lalu membeli meja untuk menggantikannya. Ada trik-trik tertentu dalam merancang ruang terbuka yang nyaman bagi penghuni apartemen, khususnya bagi generasi Millenial yang terkenal berselera tinggi. Sebagai panduan, beberapa poin praktis ini dapat diterapkan:

1. Gunakan furnitur dan percahayaan untuk memisahkan area.

Pisahkan beberapa ruang yang memiliki fungsi berbeda dengan menggunakan furnitur. Misalnya, tempatkan sofa yang membelakangi meja panjang di luar dapur untuk menandai lokasi ruang tamu. Tambahkan karpet elegan di tengah ruang tamu untuk mempertegasnya. Penempatan lampu berornamen juga dapat mempercantik ruang terbuka untuk santai di apartemen Millenial.

2. Pertahankan alur estetika yang kohesif di setiap ruangan.

Penting sekali untuk mempertahankan estetika yang sama bagi setiap ruangan, meskipun memiliki fungsi berbeda. Desain pokok seperti lantai dan pencahayaan tersembunyi harus konsisten. Misalnya menggunakan palet warna berbeda, maka harus saling melengkapi antara satu sama lain. Untuk memberikan aksen, dapat digunakan beberapa corak atau tekstur berbeda.

3. Ciptakan fitur khas di setiap area.

Meskipun estetika harus konsisten, tetapi setiap area memerlukan fitur tertentu yang membuatnya mencolok. Misalnya dinding nostalgia di ruang makan, atau lampu kristal di atas ruang tamu. Setiap ruang bisa dilengkapi dengan “kepribadian” masing-masing, tanpa merusak alur estetika. Agar tetap kohesif, Anda bisa coba mengulangi suatu unsur favorit di setiap ruangan, misalnya permukaan meja kayu di dapur dan kursi kayu di ruang tamu.

4. Jangan halangi pandangan.

Kunci dari ruang terbuka adalah melapangkan pandangan antar ruangan. Tempatkan setiap furnitur dengan strategis. Jika memungkinkan, jauhkan furnitur dari dinding, tetapi jangan sampai menghalangi pandangan antar ruang dengan rak buku tinggi atau furnitur megah. Pastikan juga bahwa jendela tak tertutup apapun, sehingga pencahayaan alami bisa masuk dengan leluasa.

5. Pilih furnitur multifungsi.

Ketika Anda meletakkan furnitur di tengah ruangan, maka untuk memaksimalkan penggunaannya, akan lebih baik jika memilih furnitur yang dapat diakses dari segala sisi, atau furnitur modular yang dapat dialihfungsikan dengan mudah. Misalnya meja dengan rak buku terbuka di bawahnya, atau sofa yang dapat disulap menjadi tempat tidur kecil. Dengan cara ini, apartemen Millenial tipe studio pun dapat dioptimalkan penggunaannya tanpa menambah jumlah furnitur sama sekali.

Ruang terbuka seperti ini jelas memiliki kekurangan, seperti minimnya privasi dan tempat menaruh hiasan dinding. Namun, ada beberapa hal yang membuatnya disukai oleh pemilik apartemen Millenial. Antara lain penggunaan ruangan apartemen yang lebih efisien, elemen multifungsi, serta pencahayaan yang lebih memadai. Apakah Anda ingin mencobanya? Ataukah Anda lebih suka ruangan bersekat yang menawarkan lebih banyak privasi?

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo,
Ada yang bisa dibantu ?
Kami akan segera membalas Anda
Powered by